Bupati Blitar : Pelatihan Manasik Haji Sejak Dini Sebagai Sarana Membentuk Karakter Anak dan Lebih Mendalami Ajaran Islam

By Sigit 13 Jun 2024, 19:06:59 WIB Jawa Timur
Bupati Blitar : Pelatihan Manasik Haji Sejak Dini Sebagai Sarana Membentuk Karakter Anak dan Lebih Mendalami Ajaran Islam

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar - Melaksanakan ibadah haji adalah bagian dari rukun Islam yang ke - 5 dan wajib hukumnya bagi yang mampu, sebagai upaya menanamkan nilai Islam sebagamana yang di ajarkan Rasulullah Muhammad SAW perlu ditanamkan sejak dini kepada anak anak kita semenjak usia Taman Kanak - Kanak akan nilai Islami sejak dini.

Ini pesan Bupati Blitar Hj.Rini Syarifah ketika menghadiri acara manasik haji terhadap siswa didik Taman Kanak - Kanak Muslimat NU Wilayah Barat pada Kamis, (13/06/24) bertempat di lapangan Kelurahan Dandong Kecamatan Srengat. Mengambil tema "Dengan Peragaan Manasik Haji Anak, Kita Tanamkan Karakter dan Nilai - Nilai Islami Sejak Usia Dini". 

"Kami sangat mengapresiasi upaya semua pihak yang telah mendorong memperkenalkan Ibadah Haji atau tentang rukun Islam yang ke 5 kepada anak- anak. Selian itu juga sebagai wasilah mempererat tali silaturahmi antar lembaga TK Muslimat NU," ungkap Bupati Rini.

Baca Lainnya :

Selain itu Rini Syarifah berpesan melalui kegiatan manasik haji anak - anak dapat menambah pemahaman anak-anak tentang pentingnya tata cara pelaksanaan ibadah haji kepada anak-anak sejak dini. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan dan kerinduan anak-anak untuk menunaikan ibadah haji di Baitullah nantinya.

"Ini menjadi rutinitas setiap tahun, sehingga diharapkan kepada para penyelenggara bisa semakin cepat menumbuhkan pemahaman anak-anak tentang makna dan hikmah dari setiap rukun dan wajib haji. Kegiatan ini juga bisa menumbuhkan rasa disiplin, tanggung jawab, dan semangat gotong-royong pada anak-anak,"tandas Mak Rini Sapaan akrab Bupati.


Kepada para guru, ustad-ustadzah Bupati meminta agar lebih bersemangat lebih inovatif dalam mendidik anak-anak sesuai dengan dinamika perkembangan zamannya," Saat ini semua serba digital sehingga cara mengajarpun juga perlu adaptasi, harus menjaga dan memaksimalkan komunikasi dengan orang tua wali murid.

    

"Untuk para orang tua, saya nitip pesan, jaga anak-anak dengan baik, baik itu agamanya maupun attitudenya. Apalagi sebentar lagi musim liburan panjang, long weekend jadi anak-anak tolong disiapkan kegiatan positif untuk mereka, jauhkan gadget, barangkali bisa kerjasama dengan pihak sekolah atau Madin, TPA. Intinya selama libur panjang tersebut anak tetap memperoleh kegiatan yang positif,"imbuhnya

Ketua Panitia Manasik Haji Anak yang juga merupakan Ketua IGTK Kecamatan Srengat melaporkan acara Manasik Haji Anak Wilayah Barat ini merupakan acara rutin setiap tahun dilaksanakan oleh Muslimat NU Kabupaten Blitar.


Kegiatan manasik ini diikuti oleh TK Al - Hidayah Kecamatan Wonodadi, Kecamatan Udanawu, Kecamatan Ponggok, dan Kecamatan Srengat. Dengan jumlah peserta Manasik Haji Anak kurang lebih 2.301 peserta yang dibagi menjadi 48 Kloter dan didampingi kurang lebih 350 guru-guru TK Al Hidayah Blitar Barat. 

Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan Manasik Haji Anak. Kegiatan ini merupakan sarana untuk memperkenalkan Ibadah Haji atau tentang rukun Islam yang ke 5 kepada anak - anak dan menambah wawasan tentang pentingnya tata cara pelaksanaan ibadah haji sejak dini. 

Bupati Blitar berharap melalui peragaan Manasik Haji Anak ini, anak-anak bisa menjadi generasi barakhlag mulia, religius, sehat, cerdas, mandiri dan berdaya saing. Kegiatan ini juga bisa saing. Kegiatan ini juga bisa menumbuhkan rasa disiplin, tanggung jawab, dan semangat gotong-royong pada anak-anak. (Adv/za/mp)




  • Meriah Malam Tasyakuran Bersih Desa Selorejo Gelar Wayang Kulit Lakon Wahyu Kamulyan Jati ini Maknanya

    🕔11:43:43, 14 Jul 2024
  • BEN Carnival III Blitar Keren Awesome Indonesia Ajang Kreasi Budaya Warisi Ajaran Tri Sakti Bung Karno

    🕔13:26:42, 13 Jul 2024
  • Rangkai Acara Bersih Desa Selorejo Bagian Manivestasi Melestarikan Adat Budaya Jawa

    🕔16:08:02, 12 Jul 2024
  • Muharam Sulistiono Balon Bupati dari PDI P dengan Demokrat Disambut Hangat Ketua DPC Edy Masna Saat Mengembalikan Formulir Pendaftaran

    🕔16:36:29, 12 Jul 2024
  • Demi Menjaga Kondusifitas Blitar Raya PSHT Cabang Kabupaten Blitar Tanda Tangani Ikrar Damai

    🕔14:44:58, 08 Jul 2024
  • Loading....


    Kanan - Iklan Sidebar

    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.