Wahana Sumber Amber Potensi Wisata Desa Kandangan Sekaligus Sebagai Terapi Kesehatan Masyarakat

By Sigit 05 Jun 2024, 10:03:56 WIB Jawa Timur
Wahana Sumber Amber Potensi Wisata Desa Kandangan Sekaligus Sebagai Terapi Kesehatan Masyarakat

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar - Melengkapi kesempurnaan pesona wisata di Kabupaten Blitar, selain wisata religi seperti candi penataran, makam Bung Karno, wisata alam pantai dan sebagainya, ada satu wahana ter gres yakni wahana wisata hiburan dan kesehatan namanya Sumur Amber yang terletak di kawasan barat Kabupaten Blitar, tepatnya berada di desa Kandangan Kecamatan Srengat.

Kepala Desa Kandangan Wahyu Eko Nurdianto kepada media ini menuturkan, keberadaan Sumur Ember atau disebut juga Sumber Amber merupakan pemandian alami yang terletak di Desa Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.

"Pemandian Sumber Amber ini anugerah dari yang Maha Esa, dimana setelah kami kelola bersama seluruh komponen yang ada sehingga mampu meningkatkan PAD desa, serta menggairahkan para pelaku UMKM di desa kami,"tutur Eko.

Baca Lainnya :

Pemandian Sumur Amber atau sumber amber memiliki kolam tunggal berbentuk persegi, dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Pada bagian pojok timur terdapat 3 pohon beringin besar sebagai peneduhan yang menaungi kolam sehingga membuat suasana menjadi sangat asri dan alami.

Ikhwal tentang bagaimana diketemukannya sumur amber diceritakan, pada saat itu ada warga yang menggali sumur, baru  beberapa meter menggali tanah ada keelokan tiba - tiba mata air sudah tumpah ruah meluap dan membentuk sebuah kolam.

"Ini cerita dari buyut turun temurun ada yang nggali sumur, namun baru beberapa meter menggali air sumber meluber sangat makanya sekarang disebutlah Sumur Amber, airnya jernih, berbeda dengan sumber sumber lain di blitar, sirkulasi air yang bagus ini sering di pergunakan terapi air setiap pagi hari," tutur Kades.

Sumur amber memang cukup unik l, selain mata air jernih alami diragukan lagi, selain debet air yang melimpah, air di Sumur Amber juga bisa untuk terapi ikan, ribuan ikan-ikan kecil yang menarik bisa anda manfaatkan untuk merasakan sensasi terapi ikan. 

Selain itu, konon air dari Sumur Ember juga membawa banyak manfaat dan khasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Pada malam hari  pengunjung rela datang hanya untuk berendam dan terapi diantaranya penderita penyakit strook dan asma.

"Bahkan sampek malem hari sini itu gak pernah sepi mas, kadang orang terapi itu malah malem kesininya, orang sakit strook, sakit asma itu udah banyak yang sembuh," jelasnya.


Sumur amber  sebenarnya telah lama dibuka untuk umum namun pengelolaan wisata baru tertata baru-baru ini. Belakangan ini, pemerintah desa mulai merencanakan pengembangan ke arah sektor pariwisata. Melihat ramainya pengunjung yang berwisata di wahana air Sumur amber, " Yang jelas kami merangkul semua elemen masyarakat, bagaimana kawasan ini selain untuk pelestarian lingkungan hidup, juga akan membawa dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar,"beber Kepala Desa Eko.

Meski suasananya masih sangat alami dan tradisional, namun di lokasi pemandian ini sudah terdapat sejumlah kedai dan kamar ganti. Jadi pengunjung tak perlu risau untuk jajan atau ganti baju di sana, kejernihan air Sumur Amber akan semakin terasa saat pengunjung mengeksplore pesona under warternya, pesona terobosan  cahaya mentari yang menembus kolam akan membentuk pemandangan under water warna pelangi yang sangat mempesona. 

Pengelolaan Sumber Amber masih belum maksimal, dengan program pengembangan sebagai desa wisata, pemerinthan desa Kandangan terus memacu pembangunan dengan berbagai pihak, misalnya perbankan, dan termasuk anggaran DD/ADD yang bisa diarahkan ke pengembangan wisata Sumber Amber. (za/mp)




  • Pilwali Kediri Panas, Gerindra Berangkatkan Kader Sendiri

    🕔13:26:08, 22 Jul 2024
  • Gara Gara Kepingin Sambal Mulut Pasutri di Garum Nyonyor Dipaksa Warga Makan Cabe Hasil Curian

    🕔16:55:53, 22 Jul 2024
  • Hari Jadi Blitar ke 700 Baznas Kabupaten Blitar dan Baznas Jatim Salurkan Ratusan Tas Sekolah Kepada Yatim - Piatu

    🕔17:04:33, 22 Jul 2024
  • Mujiyanto Menilai AhwaDalam Perpektif Demokrasi Telaah Keruwetan di PCNU Blitar

    🕔10:06:05, 21 Jul 2024
  • Eksistensi Baznas Sangat Membantu Pemkab Blitar, Apa Pesan Mak Rini Bupati Blitar

    🕔15:34:17, 16 Jul 2024
  • Loading....


    Kanan - Iklan Sidebar

    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.